CARA MUDAH MENULIS SKRIPSI

Bagi kebanyakan mahasiswa, skripsi merupakan momok yang mengerikan. Tak jarang banyak mahasiswa yang stress saat skripsinya tidak selesai tepat waktu sehingga masih harus kuliah di tahun berikutnya. Banyak juga dari mahasiswa yang menempuh strata 1 nya hingga 7 tahun karena belum juga merampungkan skripsinya. Sebenarnya, mengapa hal tersebut masih saja terjadi? Hmm……mungkin saja masih banyak mahasiswa yang belum mengerti akan esensi dari skripsi tersebut. Untuk itu, saya akan mencoba berbagi pengetahuan yang saya dapatkan dari dosen saya mengenai penulisan skripsi.Berikut ini adalah tips PERTAMA mudah menulis skripsi, selamat mambaca, semoga bermanfaat….

MENCARI PERMASALAHAN

Permasalahan yang dimaksud adalah permasalahan yang akan dijadikan topik skripsi, yang nantinya akan diteliti dalam skripsi. Perlu diperhatikan dengan seksama, dalam mencari masalah, kita harus benar-benar mencari masalah yang benar-benar masalah. Maksudnya, kita harus mencari masalah yang memang menjadi fenomena. Misalnya, masalah tentang tingginya harga beras di kalangan konsumen namun harga gabah di tingkat petani masih sangat rendah. Hal ini tentunya menjadi fenomena tersendiri, di satu sisi harga beras relatif tinggi di kalangan konsumen namun di sisi lain kita bisa menangkap bahwa tingginya harga beras tersebut tidak dapat dinikmati oleh petani padi. Seharusnya, saat harga beras tinggi, petanilah yang akan mendapat laba yang lebih besar, namun hal tersebut nyatanya tidak terjadi di Indonesia. Yang menjadi pertanyaan, mangapa hal tersebut bisa terjadi? Nah, inilah yang dimaksud dengan masalah yang bukan “masalah-masalahan”.

Contoh dari masalah yang sebenarnya bukan masalah misalnya, pengaruh harga barang X terhadap tingkat penjualannya. Mengapa saya menganggap masalah tersebut adalah bukan masalah? Karena dari masalah tersebut sudah tidak mengherankan lagi, bisa diterka jawabannya yaitu penurunan harga barang X akan cenderung meningkatkan volume penjualan. Oleh karena itu, hindarilah mencari masalah-masalah yang sebenarnya sudah tidak lagi menjadi masalah.

Perbanyaklah membaca koran, melihat berita-berita di televisi, atau membaca buku, dengan demikian, kita akan memperoleh banyak inspirasi tentang masalah yang akan kita jadikan topik skirpsi kita. Oh iya, perlu digarisbawahi, sebelum menetapkan sebuah masalah menjadi topik skripsi kita, hendaknya masalah yang kita gunakan belum pernah digunakan oleh orang lain. Jika ternyata masalah yang kita temukan ternyata sudah digunakan oleh orang lain, maka pastikan bahwa ada yang berbeda yang kita kaji dalam skripsi kita, entah itu dalam hal variabel yang digunakan maupun alat statistik yang digunakan.

 

Adapun kriteria masalah yang baik untuk diteliti adalah sebagai berikut :

  1. Mempunyai nilai penelitian (penting, menarik, asli)
  2. Mempunyai fisibilitas (masalah dapat dicari jawabannya melalui sumber yang jelas, tidak menghabiskan dana, tenaga dan waktu)
  3. Sesuai kualifikasi ilmiah peneliti

PERHATIKAN:

1. Hindari masalah yang terlalu umum atau terlalu sempit

2. permasalahan dapat diturunkan dari teori yang sudah ada

 

tips selanjutnya dapat dibaca pada postingan berikutnya, to be continued

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: